Sunday, September 23, 2012

Proses Koagulasi Darah (1) : Tahap Inisiasi

Proses koagulasi berawal pada permukaan sel yang dapat mengekspresikan TF (Tissue Factor). TF yang berada dalam sel subendothelial akan mengalami inisiasi dengan cepat ketika pembuluh darah mengalami kerusakan. Berbagai mediator dilaporkan dapat merangsang pengeluaran TF. Monosit dan sel endotel pada kondisi fisiologis tidak mengekspresikan TF. Monosit akan mengekspresikan TF jika terpapar berbagai mediator (misalnya, C-reaktif protein dan LDL). Sel endotel mengekspresikan TF setelah mendapat stimulasi oleh sitokin (seperti  TNF, Interleukin-1b) atau mediator lain (trombin, LDL, Vascular Endothelial Growth Factor).
TF yang sudah terbentuk akan bertindak sebagai reseptor untuk faktor VII yang teraktivasi (FVIIa). Selain itu, TF dapat juga langsung mengikat faktor VII yang inaktiv, membentuk kompleks TF-FVII.  Kompleks tersebut dapat terkonversi menjadi TF-VIIa dengan bantuan faktor VIIa. Setelah terikat dengan TF, faktor VIIa akan mengaktifkan faktor X menjadi suatu enzim aktif yaitu faktor Xa.
Kompleks TF-VIIa juga dapat mengaktifkan faktor X secara tidak langsung melalui aktivasi faktor IX yang selanjutnya mengaktifkan faktor X. Aktivasi langsung faktor X oleh kompleks TF-VIIa (disebut juga ekstrinsik tenase) lebih efisien dibandingkan melalui faktor IXa (juga disebut intrinsik tenase).
Faktor Xa kemudian akan mengaktifkan faktor II (prothrombin) menjadi faktor IIa (trombin). Fase inisiasi dapat dibatasi oleh inhibitor seperti  TFPI (Tissue Factor Pathway Inhibitor) dan antithrombin.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home